MENARA (Mentoring Juara)


Minggu, 18 Juni 2017, PKMM Menara (Mentoring Juara) yang diketuai oleh Wisnu Prawijaya dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan jumlah anggota tiga orang yaitu Andrean Ilham Listiady, Asfin Herminda Ratnaningsih, dan Saventyanova Yulida Putri. Tujuan dari penyelenggaraan Program Menara adalah mendidik karakter dan mengembangkan kemampuan akademik anak berkebutuhan khusus. Sasaran dari pelaksanaan Program Menara ini adalah siswa berkebutuhan khusus di SD N Bangunrejo 2. Selama beberapa minggu yang lalu pelaksanaan Program Menara hanya di lingkungan sekolah. Namun, untuk hari ini pelaksanaan Program Menara di luar sekolah yaitu di Monumen Jogja Kembali.
Pada pelaksanaan Program Menara hari ini kami melibatkan beberapa pihak, antara lain yaitu: orang tua anak, perwakilan dari pihak sekolah, volunteer, dan Tim PKM Menara. Kami menyiapkan beberapa mobil sebagai transportasi untuk menuju Monumen Jogja Kembali. Selain itu, sebelum pelaksanaan Program Menara ini, kami juga sudah melakukan open recruitmen untuk volunteer yang akan terlibat dalam pelaksanaan Program Menara. Jumlah volunteer yang dilibatkan dalam pelaksanaan Program Menara masih terbatas.
Awalnya kami berkumpul di SD N Bangunrejo 2 pukul 13.00 WIB dan berangkat bersama-sama ke Monumen Jogja Kembali dengan menggunakan mobil. Selama perjalanan anak-anak saling bertukar canda dan tidak canggung untuk bercerita. Setelah sampai Monumen Jogja Kembali, anak-anak langsung turun dari mobil dan berkumpul dalam satu titik kumpul. Setelah itu, kami menuju ke monumen bersejarah dengan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok kecil ini terdapat beberapa volunteer dan Tim PKM yang turut mendampingi. Untuk orang tua mengawasi anak-anak pada jarak jauh.
Anak menikmati perjalanan selama mengelilingi monumen bersejarah dan membaca setiap keterangan yang ada pada setiap patung-patung yang dipamerkan. Setelah selesai mengelilingi monumen bersejarah, kami melanjutkan untuk pengenalan peduli lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan membedakan jenis-jenis sampah. Awalnya anak diminta untuk membeli makanan ikan beberapa plastik. Tujuannya untuk mengenalkan berhitung dan kejujuran. Setelah itu, anak memberi makan ikan-ikan yang ada di kolam dan setelah habis membuang plastik pada tempat sampah yang benar. Tujuannya adalah untuk mengenalkan jenis-jenis sampah.  Selain itu, kami juga memberikan penjelasan mengenai dampak dari membuang sampah sembarangan.
Setelah selesai semuanya, anak-anak membuat pesan kesan selama pelaksanaan Program Menara. Akhirkan pelaksanaan Program Menara pada hari ini telah selesai dan kami kembali ke SD N Bangunrejo untuk pulang ke rumah masing-masing.

 


*Foto ini telah mendapat ijin dari pihak yang terkait

Reality FIP UNY

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.