[Forum] : Dibalik Forum Artikel Koran (Rabu, 22-2-2017)



Sejenak melepas kepenatan kuliah, sekedar dengan mengikuti acara yang belum pernah diikuti atau acara yang begitu diminati. Mungkin itulah salah satu motif teman-teman mahasiswa FIP terutama di Kampus 2 FIP yang mengikuti Forum Artikel Koran pada hari Rabu, 22 Februari 2017 di Aula Kampus 2 FIP.


“Apa sih Forum Artikel Koran?”

            Mungkin pertanyaan itulah yang muncul sepintas dalam pikiran teman-teman, tidak perlu khawatir disini kami akan menjawab pertanyaan itu. Forum Artikel Koran merupakan acara yang diselenggarakan Reality Mandala (Reality di Kampus 2 FIP) dalam rangka Open House. 

 Acara ini menjadi ajang pembuka untuk memperkenalkan Reality sebagai lembaga yang bertujuan membangun kultur ilmiah di kampus FIP UNY dan mengoptimalkan peran mahasiswa dalam bidang penelitian dan penalaran. Sehingga Forum Artikel Koran menjadi acara yang pas untuk diselenggarakan.

Selain itu melalui forum ini kami ingin memfasilitasi seluruh mahasiswa FIP, khususnya mahasiswa Kampus 2 FIP yang tertarik dalam bidang kepenulisan untuk menambah wawasannya.


“Mengapa Artikel Koran?
Mengapa bukan jenis karya tulis yang lain”

Bertolak dari istilah “koran; surat kabar yang terbit harian” yang tersemat dalam topik pembahasan forum ini, tersirat secara gamblang bahwa kami ingin mengajak teman-teman untuk aktif berkarya dalam kepenulisan setiap hari. Melalui koran sebagai media yang setiap hari menawarkan kesempatan untuk memuat karya tulis inilah yang akan memacu teman-teman yang tertarik dengan kepenulisan untuk terus berkarya.


Selain itu Artikel Koran menjadi magnet tersendiri bagi birokrasi sehingga memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang mampu menuliskan idenya dan  dimuat dalam Koran. Tambahan uang saku yang lumayan juga menjadi pemicu tersendiri sehingga mahasiswa para pejuang pena terus berjuang.

Foto : Antrian masuk Forum Arikel Koran

“Antusias yang tuntas…”

Broadcast dari Rabu, 15 Februari, tepat seminggu sebelum forum dilaksanakan kami sedikit pesimis mengingat acara terkait kepenulisan bukanlah primadona di kalangan mahasiswa meski dengan label gratis sekalipun. Namun keraguan ini justru dikejutkan dengan animo pendaftar yang begitu banyak bahkan diluar target. Target 50 peserta yang kami sebutkan dengan pesimis, justru pendaftar yang konfirmasi mencapai 63. Inilah yang membuat ruangannyapun dipindah, yang semula hanya diruang kelas kemudian dipindahkan di Aula.

Meskipun demikian, muncul kekhawitiran didalam pikiran kami. Antusias daftar, malas datang itulah yang menjadi alasan kekhawatiran kami. Akhirnya, yang melegakan adalah kekhawatiran itu tidak berbuah kekecewaan. Atusias peserta sampai tuntas. Mulai dari pendaftaran dengan animo yang banyak. Kedatangan yang cukup proporsional hingga forum yang dibersamai Mbak Linda (BK 2014) ini dilaksanakan peserta tetap konsisten dengan atusiasmenya. Saat pembicara membuka sesi untuk bertanya, banyak peserta yang mengungkapkan keingintahuannya tentang kepenulisan dalam koran dengan banyak pertanyaan.


“Secarik cerita menarik…”

Meski forum ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa FIP namun bukan berarti tertutup bagi mahasiswa diluar FIP untuk belajar. Sehingga ketika ada teman dari FMIPA ingin bergabung dalam forum ini kami dengan tangan terbuka menerima antusiasme rekan kami tersebut.

Motivasi Fira (FMIPA 2016) ini karena ingin mengambil kesempatan ini untuk menambah wawasannya dalam dunia kepenulisan terutama yang berhubungan dengan tulis menulis dalam media koran. Keinginannya ini muncul karena dorongan yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Pancasila yang sering menulis di koran dan kekagumannya terhadap penulis yang memiliki tutur bahasa yang baik.

"Seru dan infonya sangat membantu,” begitu tuturnya saat ditanya mengenai kesan selama mengikuti forum ini. Besar harapannya banyak mahasiswa UNY untuk mau berkarya dalam kepenulisan dan berani mempublikasinya di Koran. Harapan ini juga didambakan oleh teman-teman Reality, semoga semangat untuk berkarya dalam dunia kepenulisan ini dapat terus tumbuh dan terjaga. [Medjar].

Reality FIP UNY

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.