HUT REALITY KE-8 : Maknai Dunia dengan Kata

HUT Reality ke-8 : Maknai Dunia Dengan Kata, Maknai Organisasi dalam Prestasi

Waktu terus berlalu dan melaju menuju masa depan baru, manusia terus berhitung dengan detik yang mengukur umur, seperti halnya UKMF Penelitian Research and Learning Community (Reality) yang tak terasa sudah mencapai usia 8 tahun. Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran ini berdiri pada tanggal 12 Mei 2007, namun khusus tahun ini hari jadi UKMF Reality diperingati pada tanggal 17 Mei 2015 dalam bentuk talkshow kepenulisan. 



Dalam talkshow kepenulisan ini, berbagai doa dan harapan dipanjatkan oleh Pendamping UKMF Penelitian Reality, Hermanto,M.Pd. Beliau berharap UKMF ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam dunia tulis-menulis serta mampu menuai prestasi semaksimal mungkin. Senada dengan hal tersebut, Ketua UKMF Penelitian Reality 2015, Wahyi Dwi Ulfa, mengutarakan harapannya agar para pengurus Reality dapat menyeimbangkan antara organisasi dan meraih prestasi.
Sementara itu, ketua panitia HUT Reality ke-8, Achmad Saptiadi, mengutarakan harapan mengenai UKMF Reality serta menjelaskan makna tema HUT Reality "Move On #2 : Maknai Dunia Dengan Kata". menurutnya, ini adalah salah satu langkah Reality untuk Move On atau memindahkan fokus organisasi, tidak hanya pada bidang penelitian dan penalaran saja, tetapi juga menyentuh ranah fiksi seperti puisi, cerpen, prosa, dll.
suasana hangat dan ringan mulai terasa ketika Gigend, seorang mahasiswa dari jurusan seni rupa UNY, menyanyikan salah satu prosa karangan Kurniawan Gunadi. 
Kurniawan Gunadi adalah sosok manusia yang dipilih untuk menyemarakkan talkshow kepenulisan yang bertempat di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY ini. Beliau adalah seorang penulis prosa yang sanggup memotivasi dan membolak-balikkan perasaan pembaca melalui karya-karyanya, beliau juga berhasil menghangatkan hati peserta talkshow dan memantik semangat berkarya melalui pengalamanberada di bawah nama penerbit manapun. Hal ini membuat para peserta terpesona dan termotivasi  yang dibagikan selama talkshow berlangsung.

Antusiasme para peserta mulai tumbuh ketika Bang Gun-panggilan akrabnya- menceritakan fase dimana ia mulai menulis prosa dan puisi sejak SMP, mempublikasikan karyanya melalui media sosial Tumblr pada 2010, dan menerbitkan buku "Hujan Matahari" pada tahun 2013. Buku yang sudah mencapai cetakan ke-4 ini berisi kumpulan prosa yang pernah dipublikasikan di Tumblr dan tidak untuk berkarya tanpa harus mengikuti aturan umum seperti yang dilakukan oleh Kurniawan Gunadi. 
Talkshow tersebut menyadarkan kita bahwa hanya dibutuhkan keberanian dan kerja keras dalam setiap karya dan prestasi. Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, tidak ada harap yang terlalu biru, yang ada hanya usaha yang tidak maksimal. Selamat Ulang Tahun, Reality, mari kita warnai setiap detik yang membumi dengan prestasi dan karya yang bermanfaat serta senantiasa berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi. (Ut/PSDM)


Reality FIP UNY

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.